Ada pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pencari kerja, yaitu "Mengapa Bahasa Inggris Harus Dikuasai Oleh Seorang Sekretaris?"
Karena persaingan dalam mencari kerja yang semakin tinggi, setiap pencari kerja mulai berusaha untuk membekali diri dengan wawasan yang luas. Tidak hanya itu, kemampuan berbahasa inggris pun menjadi syarat sebagai salah satu kunci untuk kesuksesan dalam berkarier. Tak terkecuali bagi seorang sekretaris.
Sekretaris merupakan seorang yang membantu pimpinan dalam menjalankan suatu pekerjaan. Seorang sekretaris juga adalah perantara bagi orang yang ingin berhubungan dengan pimpinan atau sebaliknya. Disamping itu, sekretaris juga setiap harinya berkomunikasi dengan tamu-tamu yang terdiri dari berbagai macam golongan dan individu yang tentunya memiliki latar belakang, status sosial, serta kedudukan yang berbeda.
Untuk itu seorang sekretaris harus mampu berkomunikasi dengan baik dan menguasai bahasa Indonesia dan beberapa bahasa asing dengan baik seperti bahasa inggris, sehingga dapat berkomunikasi dengan tamu- tamu tingkat eksekutif, dan mampu membantu pimpinan dalam bernegosiasi.
Kemampuan berkomunikasi dan interaksi dengan pimpinan, pihak luar dan juga rekan bisnis merupakan peranan yang sangat penting bagi seorang sekretaris, dia juga harus mempunyai wawasan yang luas untuk dapat bersaing di dunia bisnis. Karena jangkauan atau kerjasama perusahaan bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga ditingkat internasional, terlebih-lebih perusahaan yang besar.
Oleh karena itu bahasa inggris penting untuk sekretaris tetapi kita juga tidak boleh lupa dengan bahasa yang kita miliki. Bahasa inggris merupakan modal untuk bersaing meraih suatu pekerjaan yang lebih baik dan merupakan bahasa internasional penghubung segala bahasa, disamping itu juga dengan Bahasa inggris kita dapat :
1. Meningkatkan karier. 2. Mendapatkan posisi lebih tinggi dibanding rekan-rekan yang tidak memilikinya. 3. Mempermudah untuk melakukan komunikasi dengan siapapun juga dimanapun juga berada. 4. Membuat kita bisa percaya diri dan tak pernah takut untuk melakukan apapun juga.
Paham tentang istilah 'english' sangat penting dalam bekerja karena hampir setiap hari kita pasti akan menemui kata-kata dalam bahasa inggris secara tidak langsung. Kebanyakan perusahaan juga kadang menggunakan bahasa inggris untuk berkorespondensi baik dengan relasi maupun dengan pihak intern.
Bahasa inggris memang sangat penting untuk sekretaris, karena dengan paham akan bahasa inggris sekretaris akan mudah dalam menjalin relasi dari pihak mana saja. Dengan kata lain sekretaris mudah untuk berkomunikasi dengan siapa saja. Disamping itu juga bahasa inggris dalam bekerja hampir setiap hari kita pasti akan menemui kata-kata dalam bahasa inggris secara tidak langsung.